Halija, Jualan Kue Untuk Bantu Ekonomi Keluarga

Harga cairan hand sanitizer meroket dua hingga tiga kali lipat setelah wabah virus corona SARS-COV-2 melanda Indonesia. Biasanya harga cairan pembersih tangan tersebut di kisaran Rp 15 ribu-20 ribu. Namun, sekarang hand sanitizer itu dijual dengan harga Rp 40 ribu ke atas.

Pihaknya berkomitmen bakal terus membantu masyarakat yang terdampak pemberlakuan PPKM darurat, imbas melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Malang. Omzet pendapatan pedagang pisang di Kabupaten Lebak, Banten meningkat di tengah pandemi COVID-19 hingga meraup keuntungan mencapai Rp9 juta dari sebelumnya Rp4 juta per bulan. Dua mobil dalmas yang disiapkan Satpol PP Sulsel untuk membantu keluarga mantan pejabat tersebut. “Setelah dikosongkan, dari Asset langsung melakukan menguncian, mengganti grendel pintunya dan secara de facto pemprov sudah kembali bisa memanfaatkan asset tiga rumah dinas ini sesuai dengan aturan dan peruntukannya,” ujar Sultan. Menjalankan bisnis keluarga sejatinya bukan hanya tentang membuat usaha tetap berjalan, namun lebih berat daripada itu. Menjalankan usaha keluarga berarti harus bersedia memikul beban untuk mempertahankan prestasi usaha, atau membuat usaha lebih maju dari generasi sebelumnya.

Beruntungnya, kata dia, persediaan pisang melimpah yang dipasok petani, termasuk petani Badui. Memiliki penghasilan sendiri adalah definisi mandiri menurut saya. Terkadang perempuan memiliki keinginan dan tidak mungkin kita yang sudah berkeluarga masih meminta ke orang tua.

Dengan rute Pekanbaru-Bengkalis, kapal milik sang pakcik ini sekaligus menangani bisnis sembako, BBM, dan karet. Selain karena produk ini masih baru, saya juga tidak mau menyamai bisnis saudara,” ujar dia soal pilihan bisnis pertama yang dia awali pada 1998 dari sebuah ruko di Pekanbaru. Pertama, tidak ada tenaga kerja yang membantu bapak berdagang di Tanah Abang. Kedua, kerja kantoran sangat menyita waktu, karena ada lembur dan lain sebagainya. Untuk gaji pegawai kantoran sebenarnya biasa saja, namun yang besar adalah jika ada uang dari lembur.

Ia menjajakannya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, dan sekitarnya sepulang dari sekolah. Sebelumnya Rumah Yatim juga telah menyalurkan bantuan serupa untuk Kakek Syafri dan keluarga pada bulan Januari lalu. Tahun lalu pun, sudah terhitung 4 kali tim relawan Rumah Yatim menyampaikan bantuan untuknya. Jika dagangannya laku semua, Rangga bisa mendapatkan Rp400 ribu dalam sehari.

Berjualan untuk membantu keluarga

Dia ingin mengawasi langsung pelayanan pasien Covid-19 di rumah sakit itu. Menurut Luhut, pengetatan PPKM Darurat diharapkan dapat segera menekan laju penularan Covid-19 sehingga para pekerja atau tenaga buruh dapat segera bekerja dengan regular. Menurutnya, kasus baru Covid-19 di masa PPKM darurat ini justru mengalami kenaikan yang tajam. Bahkan, jika dibandingkan sebelum PPKM penambahan kasus baru mencapai ribu per hari, maka di masa PPKM Darurat ini justru naik sekitar 40 ribu per hari. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Awal tahun 2020, Ibu Desi sudah sangat siap untuk mengundurkan diri dari kepesertaan PKH. Berkat FDS dengan modul ekonomi mengelola keuangan dan bagaimana merintis usaha yang dimiliki pun sudah bisa diaplikasikan melalui kehidupan sehari-harinya. Bantuan-bantuan lain seperti pelatihan memasak dan alatnya juga sangat membantu beliau untuk menambah serta memajukan usahanya. Buah dari keuletan Ibu Desi, beliau dapat meraih omset eighty ribu/hari jika usahanya sedang sepi, artinya setiap hari Ibu Desi dapat menghasilkan uang dari usahanya. Pemasaran usaha jualan beliau pun sudah merambah dari Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke Bali. Semoga cerita ini bisa menginspirasi penerima manfaat lainnya, khususnya KPM PKH agar selalu bersemangat dan ulet dalam bekerja, serta bermental kaya.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran isteri dalam memenuhi kebutuhan keluarga di desa bakau kecamatan jawai kabupaten sambas. Mengungkapkan peran dan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh istri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, serta kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam keluarga. Skripsi ini menggunakan teori kebutuhan dasar manusia oleh Abraham maslow dan menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif.

Comments are Disabled